Cara Bikin Saluran WhatsApp dengan Mudah Lewat HP

Sebagai salah satu aplikasi chatting paling populer di dunia, Whatsapp terus mengalami pengembangan untuk memudahkan penggunanya dalam memanfaatkannya. Salah satunya adalah dengan menghadirkan saluran whatsapp sebagai fitur kekinian yang cukup menarik.

Fitur saluran ini juga dikenal debagai futur channel dengan fungsi yang hampir mirip dengan Telegram. Jadi kamu bisa mengikuti saluran siapapun untuk mendapatkan update informasi terbaru dari mereka.

Hanya saja sejauh ini tidak semua orang bisa membuat saluran, sementara hanya mereka yang memiliki akun resmi WhatsApp yang bisa membuatnya.

Apa Itu Saluran WhatsApp?

Seperti dikatakan diatas saluran Whatsapp adalah fitur baru yang di hadirkan oleh Meta. Fitur ini hampir mirip seperti yang ada di aplikasi Telegram. hadirnya fitur ini membuat tampilan WA sedikit mengalami perubahan.

saluran whatsapp

Terutama pada bagian status WA kini berubah menjadi "Pembaruan". Disana kamu akan menemukan status WA orang-orang yang ada di kontakmu secara horizontal, kemudian dibagian bawahnya ada informasi yang di bagikan oleh saluran yang kamu ikuti.

Kamu juga bisa mencari saluran baru sesuai dengan informasi apa yang ingin kamu dapatkan, misalkan informasi tentang PERSIB BANDUNG, silahkan ketik di pencarian saluran dan Follow channel PERSIB.

Bedanya Saluran dengan Komunitas Grup WhatsApp

Secara umum baik Komunitas atau grup dengan saluran hampir sama, hanya saja di grup WA kamu bisa berinteraksi dengan sesama anggota grup layaknya tempat chatting bersama.

Sementara pada saluran, follower tidak bisa memberikan komentar dan sejenisnya hanya bisa memberikan reaksi terhadap setiap informasi yang diberikan. Hal ini tentu akan memberikan kenyamanan bagi follower lantaran informasi yang diberikan tidak akan tenggelam oleh komentar-komentar para pengikutnya.

Cara Bikin Saluran WhatsApp

Seperti dikatakan ditas saat ini belum semua orang bisa membuat saluran dan masih terbatas pada akun-akun resmi saja. Akun resmi ini bisa di buat di Whatsapp Business dengan proses yang cukup lama. Bagi kamu yang sudah memiliki akun resmi, maka berikut ini cara membuat saluran WA:

  1. Update terlebih dahulu aplikasi WhatsApp di HP mu
  2. Pada menu "Pembaruan" klik tanda "+"
  3. Baca ketentuan terlebih dahulu, kemudian lanjutkan
  4. Buat nama Saluran kamu, isi deskripsi
  5. Setelah itu klik "Buat Saluran"
  6. Maka saluran kamu sudah siap di orbitkan di WhatsApp

Cara Mencari Saluran Sesuai Minat

saluran whatsapp

Bagi kamu yang masih menggunakan WhatsApp pribadi hanya bisa memfollow saluran yang banyak tersedia di Whatsapp. Silahkan ikuti saluran sesuai dengan minat kamu, caranya:

  1. Buka pada tab "Pembaruan"
  2. Kemudian "Cari saluran"
  3. Ada banyak saluran yang ditampilkan, klik "lihat semua"
  4. Maka ada beberapa menu seperti "paling aktif", "populer", "baru"
  5. Kamu bisa piluh saluran sesuai negara yang diinginkan
  6. Pada kolom pencarian bisa ketik kata kunci yang diinginkan
  7. Misal mengetik "PERSIB"
  8. Setelah itu klik "IKUTI'.

Kenapa Menu Membuat Saluran Belum Muncul di WhatsApp Saya?

Fitur terbaru dari WhatsApp ini di khususkan bagi mereka yang sudah memiliki akun resmi. Syaratnya adalah mereka yang sudah mendaftar di WhatsApp Business yang bisa membuat saluran.

Jika kamu tertarik membuat saluran maka ada baiknya kamu mencoba membuat WA Business terlebih dahulu.

Kesimpulan

Fitur Saluran WhatsApp adalah fitur yang cukup menarik bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnis dengan menampilkan informasi secara langsung ke follower. Informasi ini akan disajikan secara nyaman tanpa akan tenggelam oleh pengguna atau follower saluran kamu.

Posting Komentar untuk "Cara Bikin Saluran WhatsApp dengan Mudah Lewat HP"